4 Fakta Menarik Fungsi Dan Kegunaan Pada Bluetooth Smartphone


Image: channelnews.com.au


Sejak awal mula diperkenalkan, hingga kini Bluetooth ternyata sudah memasuki generasi kelima lho! Menariknya, tak lama lagi ternyata Bluetooth generasi kelima ini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna perangkat elektronik di seluruh dunia. Kira-kira manfaat apa saja ya yang dibawa oleh Bluetooth generasi kelima ini? Ketimbang penasaran, simak deh langsung di bawah ini.

1. Bluetooth 5 bikin kirim file lebih cepat, aman dan hemat daya.
Dikutip dari AndroidAuthority.com (14/4/17), manfaat pertama yang diusung oleh si Bluetooth generasi kelima adalah mampu mengirim file alias data yang diklaim 2 lebih cepat. Bluetooth generasi kelima kabarnya bisa mengirim dengan kecepatan hingga 1060 microseconds. Ini artinya, secara matematis Bluetooth generasi kelima memiliki kecepatan transfer data 1,7 kali (hampir mendekati dua) lebih cepat daripada Bluetooth 4.2.
Bergerak di gelombang 2,4GHz si Bluetooth generasi kelima juga dilaporkan memiliki kemampuan enkripsi tinggi karena memenuhi standar pertahanan pemerintah Amerika. Selain itu, adanya dukungan Bluetooth Low Energy (BLE) yang sudah ada sejak versi 4.0 bikin daya perangkat lebih awet meski dukungan kecepatan dan jangkauan jauh lebih tinggi serta luas.

2. Bluetooth 5 bikin era Internet of Things makin nyata
Pernah kan kalian mendengar kalau sekarang sudah eranya Internet of Things (IoT). Nah, dengan kehadiran Bluetooth 5 ini era IoT dilaporkan bakal menjadi semakin nyata. Dikutip dari PCAdvisor (14/1/17), dengan kemampuan mengantar informasi yang jangkauannya lebih luas dan kapasitasnya lebih besar maka Bluetooth generasi 5 ini diklaim sanggup meneruskan jenis informasi yang lebih bervariasi.
Dengan kehadiran Bluetooth generasi 5, kamu juga gak perlu sering-sering download aplikasi pendukung IoT atau smart home nih! Soalnya, Bluetooth generasi 5 dilaporkan bisa menghubungkan beberapa perangkat seperti televisi, vacuum cleaner, lampu, mobil bahkan sistem pengairan di rumah juga.

3. Bluetooth 5 hadirkan cara baru dalam komunikasi lho.
Tahu gak kalau Bluetooth generasi kelima ini kabarnya bakal menghadirkan cara komunikasi yang baru. Maksudnya adalah kehadiran Bluetooth 5 yang memiliki kecepatan tranmisi lebih tinggi itu memungkinkanmu bisa berkomunikasi lewat handsfree dengan jarak jangkauan lebih dari 100 meter.
Gak hanya berkomunikasi lewat saluran konvensional saja. Cara baru berinteraksi yang ditawarkan Bluetooth 5 ini merujuk pada kemampuannya yang bisa terhubung ke lebih banyak perangkat di waktu bersamaan. Contohnya adalah pada Samsung Galaxy S8. Dikutip dari TrustedReview(29/3/17),Bluetooth 5 yang sudah hadir di Samsung Galaxy S8 kabarnya memungkinkan pengguna bisa mendengarkan musik via bersamaan lewat dua earphone bluetooth sekaligus tanpa penurunan kualitas.

4. Bluetooth 5 tawarkan layanan navigasi tanpa koneksi.
Bluetooth generasi kelia ini diklaim lebih pintar dalam menganalisa jenis koneksi yang diperlukan untuk mengirimkan suatu informasi. Saking pintarnya, perangkat yang nanti sudah resmi pakai Bluetooth 5 akan dibekali layanan navigasi bahkan tanpa memerlukan koneksi.
Hal ini kabarnya berkat penambahan tranmisi gelombang yang diklaim kapasitasnya bertambah secara signifikan. Alhasil nih, Bluetooth generasi kelima ini akan lebih mendorong adopsi dan penyebaran layanan berbasis lokasi pada pengguna di seluruh dunia. Terdengar menarik bukan?

1 Response to "4 Fakta Menarik Fungsi Dan Kegunaan Pada Bluetooth Smartphone"